You are here

cara pemeriksaan sistem kelistrikan sepeda motor

Komponen-komponen kelistrikan

Cara pemeriksaan kelistrikan pada sepeda motor, di sini ada beberapa bahan untuk meriksa arus listrik pada sepeda motor, dimana standar yang telah di buat oleh pabrik nya ada pungsinya pada kelistrikan sepeda motor, berguna untuk isyarat keamanan ketika di pada malam hari, dan juga memberikan isyarat kepada pengendara lain  dimana kita mau berhenti bila  otomatis pengendara yang ada di belakang kita akan melihat pada lampu sen atau lampu rem yang belakang. Pada sistem kelistrikan sepeda motor di bedakan ada 2 macam yaitu motor yang konvesional dan full injekction. Disini cara memebedakan antara full injection dan konvesional terletak pada spidio meter nya, disitu ada beberapa perbedaan sedangkan mesin yang konvesional  tecnologi yang masih menggunakan tecnologi analog karena sangat sederhana dalam pemeriksaan nya.

Pada dasar nya kalou kita belajar mengenai listrik sepeda motor itu yang harus kita ketahui yang pertama dari sumber batre, batre merupakan sumber arus listrik DC yang di butuhkan kendaraan atau komponen-komponen yang membutuhkan arus listrik, seperti misalnya lampu depan, lampu sen, lampu belakang dan lampu iluminasi yang terdapat pada desbox, komponen itu berdasarkan   bekerja pungsinya, kemudian komponen yang pertama menswif/kunci kontak, berpungsi untuk memutuskan dan menyambungkan energi arus listrik dari batre ke komponen yang butuhkan, dan di bagian saklar sebelah kiri terdapat ada beberapa tombol, yaitu klakson ,senswif atau bisa di sebut lampu sen dan yang paling atas ada lampu yang berpungsi untuk lampu dekat lampu jauh. Pada bagian saklar seblah kanan, yang tidak menggunakan menswif langsung itu pada bagian bawahnya ada startter yang berpungsi untuk menyalakan kendaran menggunakan energi listrik pada kendaraan sepeda motor.

Cara yang pertama untuk memeriksa kelistrikan pada body sepeda motor yaitu pada bagian batre berpungsi untuk sumber arus DC,  kemudian di sini juga ada sikring  atau pengaman arus listrik, ketika komponen yang terjadi arus listrik hubungan pendek maka, arus listrik dari batre langsung terputus dengan demikian sebagai pengaman. Komponen selanjutnya adalah menswif /kunci kontak yang berpungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari batre ke komponen yang membutuhkan arus listrik 12 volt.

Kemudian batre di sini akan terisi sistim pengisian di lakukan oleh stator AC yanag ada di sebelah kiri blok mesin yang terdapat ada generator yang menghasilkan arus listrik bulak-balik, karena kebutuhan arus listrik bulak-balik tidak di butuhkan di sepeda motor, maka harus di ubah dulu menjadi DC, konsep nya adalah ada komponen yang berpungsi sebagai pemompa arus listrik dimana di sebutnya adalah kiprok, berpungsi untuk mengatur besar nya arus listrik DC yang masuk ke batre, itulah komponen-komponen arus kelistrikan. Nah disini juga bahan-bahan untuk memereriksa sistem kelistrikan.

Alat dan bahan yang digunakan ketika kita melaksanakan pemeriksaan sistem kelistrikan body sepeda motor.

Yang pertama baterai pungsinya untuk menyimpan sementara arus listrik DC untuk keperluan komponen-komponen kelistrikan yang ada pada sepeda motor baterai di bedakan menjadi 2 macam yaitu, sel basah dan sel kering. Sel basah itu terdapat cairan elektroloet atau H2SO4, tipe kedua adalah sel kering yang sudah ada cairan H2SO4  cuman bentuk tipe nya pasta atau gel.

Bahan kedua adalah sikring yang berpungsi sebagai pengaman kelistrikan jadi skring ini akan putus apabila terjadi hubungan pendek pada komponen yang di lewati nya, ada dua macam tipe skring yang di gunakan untuk sepeda motor. Tipe sikring yang pertama adalah tipe tusuk dan itu juga ada beberapa warna merah,biru,kuning dan sebagainya. Tipe yang sikring yang kedua adalah tipe botol. Yang terdapat kapasitas ampere yang di ijinkan melalui sikring tersebut, dan apabila terdapat hubungan pendek pada komponen maka akan putus demikian komponen. Sebagai berikut yuk kita lihat rangkaian gambar di bawah ini.

Gambar di atas ini yang menunjukan  kelisitrikan body sepeda motor , sekian dulu postingan saya yang telah bahas cara memeriksa kelistrikan body sepeda motor dan selamat membaca semoga bermanfaat untuk kita semua tentang  bagaimana cara memeriksa kelistrikan body sepeda motor.

Leave a Reply

Top