You are here
Home > sparefart

Fungsi Masing-Masing Komponen CDI Pada Sepeda Motor

Fungsi komponen CDI Masing-masing

TANCAPGAN.COM. Komponen CDI pada sepeda motor. merupakan komponen  umumnya CDI yang di pakai pada motor merupakan rangkaian komponen elektronika yang terdiri dari SCR (silicon controlled rectifier), Kondensator atau ada juga yang bilang kapasitor, Dioda (Diode) dan rangkaian tambahan untuk mengontrol maju mundur saat pengapian, Untuk bisa mengetahui lebih lanjut, dan apa saja fungsi Komponen yang ada di CDI sepeda motor tersebut.
Fungsi komponen CDI Masing-masingFungsi Masing-Masing Komponen CDI Pada Sepeda Motor  yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu ada SCR (silicon controlled rectifier).  Kondensator (Kapasitor), dan Diode (Dioda). Nah, supaya agan tidak pada bingung untuk mengetahui fungsi masing-masingnya pada komponen CDI. Di Paragraf berikutnya saya akan bahas satu persatu dari fungsi CDI yang masing-masingnya. Mari kita simak

1SCR (silicon controlled rectifier)

SCR (silicon controlled rectifier) fungsinya yang terhubung dengan sistem kelistrikan dalam jenis thyristor ini yang berfungsi sebagai saklar elektronik pelepasan arus yang di tampung pada kondensator untuk dilepaskan menuju Koil.

2. Kondensator (Kapasitor)

Kondensator (Kapasitor) Kapasitor merupakan komponen elektronik yang dapat menyimpan energi listrik dalam jangka waktu tertentu. Dikatakan dalam jangka waktu tertentu karena walaupun kapasitor diisi sejumlah muatan listrik, muatan tersebut akan habis setelah beberapa saat. Oleh sebab itu, kondensator berfungsi sebagai penampung sementara arus listrik yang akan di lepaskan ke koil di saat waktu pengapian.

3.Diode (DIODA) Diode merupakan komponen semikunduktor yang memungkinkan arus listrk yang mengakir, pada satu arah forwars bias yaitu, arah anoda ke katoda untuk mencegan arus listrik mengalir pada arah yang berlawanan atau sebalinya. Reverase bias, berfungdi untuk menyerahkan arus bulak balik AC yang berasal dari kamparan spool utnuk di simpan di konensator.

Masih di pembahsan CDI, untuk CDI yang banyak kelebihanny dibanding sistem konvensional planta. Dengan CDI, tegangan yang dihasilkan lebih besar daripada platina yaitu sekitar 40 Kilo Volt dan stabil sehingga pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar dapat dilakukan secara efektif dan sempurna. CDI juga memiliki kelebihan lain dibanding platina yaitu CDI tidak memerlukan penyetelan atau tidak perlu di seting seperti platina.

 

Leave a Reply

Top