You are here

Memilih Tipe Velg Yang Ideal Saat Berpergian jauh

velg jari jari racing

Resiko kecelakan ketika menggunakan sepeda motor mungkin lebih besar dari pada jenis kendaraan lainnya. Tapi dari tahun ketahun, peminat sepeda motor makin bertambah. Mudik pun demikian, makin banyak yang menggunakan sepeda motor disaat mudik karen arelatif lebih cepat badan motor tersebut bisa di pakai untuk berkunjung kerumah-rumah saudara di kampung.

Nah, ketika mudik menggunakan sepeda motor, memeriksa kondisi velg sebelum berangkat harus lebih di perhatikan. Komponen yang satu ini sangat penting untuk diketahui kondisinya, karena jika rusak, perjalanan pasti terhambat.

Selain menghambat perjalanan, rusaknya velg secara tiba-tiba bisa menimbulkan kecelakaan saat motor sedang melaju di jalan raya. Maka dari itu, disaa tkondisi velg nggak layak pakai, lebih baik segera ganti dengan yang baru.

Tapi sebelum menggan tivelg, para rider di haruskan untuk mengetahui terlebih dahulu kondisi jalan yang akan di lalui pada saat mudik. Karena ada dua jenis velg motor yang saat ini banyak dijual di pasaran. Jenis yang pertama adalah velg jari-jari (spoke), biasany avelg bawaan dari dealer.

Keunggulan dari velg jari-jari adalah sifatnya yang lentur, sehingga mampu menyerap guncangan dan getaran yang timbul saat melintas di jalan yang nggak rata. Setelah guncangan diserap oleh velg, peredam ke jutmelanjutkan tugasnya dengan mengurangi besarnya guncangan tersebut.

Jenis kedua adalah velg alloy, atau yang biasa disebut dengan istilah velg racing. Sangat  berbeda dengan spoke, velg alloy ini memiliki sifat getas yang berguna untuk membuat laju motor lebih stabil di lintasan aspal rata.

Karena khusus di jalan yang nggak banyak guncangan, pemotor dengan velg alloy jadi bisa menikung dengan lebih cepat. Tapi ada kekurangannya, velgjenis alloy mudah retak bahkan patah saat sering dipakai melintas jalur berlubang. Selainitu, bobot nya juga sedikit lebih berat dibanding velg jari-jari (spoke)

Leave a Reply

Top