You are here
Home > tips-tips

Mengecek Kondisi Kendaraan Melalui Busi

mengecek-kondisi-kendaraan-dengan-busy

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin. Salah satunya adalah melalui warna dari busi mesin. Dari warna busi bisa diketahui kondisi mesin apakah overheating, boros oli, atau pun boros bensin.

Saat membuka busi mobil, biasanya warna yang ada bermacam-macam, kadang coklat, meleleh, gosong, hitam penuh kerak, dan lain sebagainya. Kenapa bisa berubah warna? Karena ada endapan karbon (carbon fouling), endapan oli (oli fouling), dan juga timah hitam (lead fouling). Lalu bagaimana cara membaca warna-warna tersebut? Berikut penjelasannya.

Kemerahan

Lapisan elektroda yang terkelu pasta pinggakada kerak. Artinya mesin hanya mengalami overheat. Harus segera periksa pada bagian kode heat range dan peranti pendingin mesin.

Kekuning-kuningan

Warna tersebut berarti ada bagian panas yang berlebihan pada mesin, masalah biasanya ada pada pendingin mesin mobil seperti radiator atau peranti pendingin lain. Kondisi tersebut menyebabkan suhu dan tekanan pada mesin naik secara drastis yang menyebabkan busi berubah warna.

Coklat

Di saa telektroda berwarna coklat agak keabu-abuan, tandanya busi bekerja normal. Tapi disaat mendekati usia pakai, sebaiknya segera mengganti dengan busi yang baru.

Meleleh

Elektroda meleleh dan terlihat gosong karena  busi dengan heat range yang nggak benar. Pasti terjadi kebocoran pada komponen mesin yang menyebabkan pelumas juga ikut terbakar di ruang mesin.

Kerak Tebal

Jika terdapat timbunan kerak yang lumayan tebal pada elektroda dan kepala busi, itu di sebabkan karena pemakaian bahan bakar yang buruk. Pasti terjadi kebocoran pada sil di klep yang membuat pelumas merembes sampai ke busi.

Leave a Reply

Top