You are here
Home > Honda

Sejarah Adanya Honda C series dan C70 (si pitung) Di indonesia

sejarah motor honda c series dan honda c 70Sejarah Adanya Honda C series dan C70 (si pitung) di indonesia. Sejarah motor lawas di indonesia, yakni Honda C70. Honda C70 merupakan salah satu seri keluarga sepeda motor Honda Super Cub, yang sangat ramai dari pertama keluar hingga saat ini di jalanan Indonesia. Dan juga dijuluki banyak penggemarnya.

Honda C70 ini memang sangat aneh dengan banyaknya orang sebut Si pitung. Nah, asal mula sebutan si pitung karena, dengan adanya kata pitung puluh dalam bahasa jawa yang berarti 70.

Sepeda motor Honda produksi lawas yang tak kalah terkenal adalah varian Honda Super Cub. Varian dengan nama alias Honda C Series itu merupakan cikal bakal bentuk motor bebek yang dipakai Honda hingga saat ini.

Terhubung dengan motor Honda lawas, dan sempat populer juga pada tahun 1960 adalah Honda C50, Honda C90 dan Honda C70. Nah, Honda C70 telah menduduki varian Honda C series yang terpopuler dengan jumlah pengguna terbanyak dengan mesin berkubikasi 70 cc.

Sejarah Honda C series dan C70. Sepeda motor Honda C70 bermulai dari Honda C100 yang terlebih dahulu diproduksi tahun 1958. Pada tahun itu, Honda ingin mengembangkan varian Honda F Series dan menciptakan motor baru. Awal kemunculannya Honda C100 yang mengusung mesin 50 cc.

Kemudian tim Honda pun mendapatkan tanggapan yang positif, untuk mengembangkan model baru dengan mesin yang sama. Sepeda motor itu bernama Honda C102 dan Honda C110. Perbedaan terbesar dari kedua motor bermesin 50 cc itu terdapat pada sisi kerangka. Honda C102 memiliki kerangka seperti Honda C100 namun dengan desain jok yang lebih panjang. Sedangkan Honda C110 memiliki kerangka mirip dengan keluarga Honda CB.

Pada tahun 1965, Honda melanjutkan kiprah C Series dengan menetaskan Honda C50. Secara kapasitas mesin memang tak ada bedanya dengan Honda C100. Namun C50 saat itu telah menggunakan teknologi terbaru bernama overhead camshaft (ohc) dari yang sebelumnya memakai overhead valve (ohv).

Setahun berlalu, Honda kembali menambah keluarga Super Cub dengan mengeluarkan sepeda motor Honda C90 yang memiliki kapasitas mesin sedikit lebih besar dari Honda C50. Kemudian pada tahun 1966, lahirlah Honda C70 dengan kapasitas mesin motor bebek terbesar pada masa itu, yakni 70 cc.

Sepeda motor Honda Super Cub mulai dikenal pada tahun 1961 dengan varian Honda C100 dan C102. Dengan membawa mesin 50 cc, kendaraan itu disebut sebagai Honda Unyil.  Kemudian antara tahun 1966 hingga 1973, Honda baru memperkenalkan C50, C90 dan C70 di Indonesia. Dan sangat berbeda dari varian di Jepang, sedangkan Honda si Pitung di Indonesia memiliki headlamp yang bertengger di bagian setang.

Memasuki tahun 1980, Honda menyudahi karir C Series dengan memperkenalkan sepeda motor Honda 700 dan Honda 800 sebelum akhirnya muncul Honda Astrea Star dan Honda Prima. Desain bodi yang digunakan pada kendaraan itu merupakan pengembangan dari model Honda C Series.

Tancapgan !!!

Leave a Reply

Top