You are here
Home > tips-tips

Tiga Perubahan Komponen Motor Skutik Yamaha NMAX bisa laju kenceng

yamaha-nmaxTANCAPGAN.COM.  Motor skuit Yamaha NMAX yang sudah merajalela dalam penjulan yang sangat terlaris di  indonesia, Yamaha Nmax ini yang banyak di gemari oleh para remaja . Oleh karenanya banyak orang yang terpikat untuk membelinya. Nah, sedikit demi sedikit bagi yang ingin membuat performa Yamaha Nmax lebih mantep dengan tiga perubahan komponen tersebut adalah Koil, CVT, dan pipa knalpot dan untuk caranya adalah dengan mengombinasikan sejumlah komponen, mulai dari mesin hingga peranti CVT. Yuk kita simak langsung tanpa lama-lama. berikut ini

Koil/Air Filter udara

Air filter tersebut bisa di ganti dengan produk GP racing dan untuk hasilnya udara bisa menjadi lebih hampang kalo di bahasa sundanya atau bisa lebih plong dari sebelumnya. Air filter ini yang terbuat dari cotton dan stainless, dan bukan kertas dilapisi oli seperti part standar NMAX. Dengan begitu, air filter ini bisa dicuci jika kotor.  Untuk menjaga air fuel ratio (AFR), dan diganti dengan (USR) yang mampu memberikan api lebih besar dari koil standar. Koil Ultraspeedd Racing yang  memperoleh tenaga 7,4 dk/8.300 rpm dan torsi lebih unggul 8,3 Nm/6.000 rpm dan mampu menghasilkan api lebih besar dari standar dan stabil.

CVT

Untuk komponen ini menggunakan paket CVT merek USR. Pulley CVT / Rumah Roller Ultra Speed Racing (USR) Set Yamaha NMAX. Untuk meningkatkan akselerasi dan top speed motor dan digunakan untuk meningkatkan performa motor, terutama untuk kebutuhan touring dan harian hal ini dapat digunakan langsung (Plug and Play) pada Yamaha NMAX.

Pipa Knalpot

Ubahan berikutnya adalah mengganti knalpot motor Yamaha ini dengan knalpot racing RX8 ber-silincer besar. Lantaran merupakan knalpot untuk mesin bore up, modifikator melakukan penyesuaian pada pipa knalpot. Diameternya dibuat lebih kecil supaya sesuai dengan spesifikasi mesin.

Hasil Tes

Dengan sejumlah perubahan di atas, tenaga dan torsi Yamaha NMAX mengalami peningkatan. Dari hasil pengetesan di atas dynamometer Dynomite, tenaga skutik ini berubah menjadi 9,76 dk, dari yang awalnya 9,5 dk. Sementara untuk torsi maksimum mencapai 11,3 Nm, naik dari sebelumnya 10,2 Nm. Perlu diketahui, peningkatan ini didapat di putaran mesin lebih rendah.

Tabel Performa

Standar

  • Torsi : 10,2 Nm @ 6.500 rpm
  • Power : 9,5 dk @ 6.700 rpm

Upgrade

  • Torsi : 11,3Nm @ 6.000 rpm
  • Power : 9,76 dk @ 6.200 rpm

Leave a Reply

Top