You are here
Home > Honda

Tips Cara Ganti Oli Sepeda Motor Dengan Bener Dan Baik

tips dan cara mengganti oli sepeda motor dengan bener

Tips Cara Ganti Oli Sepeda Motor. Tips baru lagi nih gan… soal mengganti oli sepeda motor dengan bener, mengganti oli motor atau mobil memang wajib mengganti dengan setiap bulan secara rutin. Nah, pada kesemptan ini saya akan memberi solusi buat agan semua yang pengguna sepeda motor, gimana cara ganti oli dengan bener dan baik.  Tapi, sebisa mungkin agan semua jangan menggap remeh untuk pergantian oli sepeda motor. Memang ganti oli sudah menjadi rutinitas buat pemilik sepeda motor. Tampaknya memang remeh dan bisa dilakukan siapa saja. Tapi, ada hal-hal yang harus diperhatikan terkait dengan cara dan efeknya jika  tidak dilakukan dengan benar.

Pada postingan ini saya cuma menambah sedikit ulasan dari KompasOtomotif  cara mengganti oli dengan bener. kenapa saya memberi ulasan tentang hal ini, karena saya ingin memberi info sama agan semua bila ada yang masih belum tahu tentang mengganti oli dengan baik dan bener.

Kata sang mekanik bengkel sepeda motor Honda yang lokasinya di Jl, Radin Inten-RS Soekanto, Jakarta Timur yang sudah mengingatkan kepada dunia per otomotifan salah satunya yakni, KompasOtomotif. bahwa banyak orang salah kaprah, yang ternyata justru membawa efek buruk untuk sepeda motor.

Nah, di bawah ini ada 4 cara yang harus agan perhatikan dengan baik saat ganti oli sepeda motor, dan wajib di lakukan demi motor agan, supaya tidak ada kendala yang menyerupai pada motor agan. Yuk kita baca tips-tipsnya.

Tips dan cara mengganti oli dengan bener dan baik

1. Tidak menyemprot lubang oli mesin dengan udara bertekanan tinggi. Ini sering dilakukan banyak bengkel, dengan maksud agar pelumas di dalam mesin cepat keluar. Ternyata ini salah kaprah.

”Kalau disemprot kencang, kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin. Memang yang akan menetes lebih banyak, tapi lebih dianjurkan agar didiamkan saja sampai habis,” kata Sulaiman, (26/8/2016).

2. Ganti ring oli setiap membuka pembuangan oli. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan kembali baut oli.

3. Jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin masih dalam kondisi panas. Saat mesin masih panas, atau baru saja berhenti, baut yang terdiri dari komponen besi masih dalam keadaan memuai. Jika dipaksa untuk dibuka, ulir baut akan cepat rusak.

4. Setelah benar cara mengganti olinya, saran yang lain adalah membersihkan filter oli setiap 12.000 km untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

Itulah tisp dan cara untuk mengganti dengan bener, tips di atas. Memang sangat membantu bagi saya dan agan semua yang penggun sepeda motor. Untuk kenyamana motor agan, ini bisa di coba dan sangat wajib di coba. Oke gan, sekian dulu ya.. dengan tulisan yang berisi bahasan-bahasan tentang mengganti oli dengan bener. Terimakasih  dan jangan lupa bahagia dengan motor kesayangannya.

Leave a Reply

Top